Selasa, 24 November 2015

Pengertian Euro

Pengertian Euro

 EURO adalah standar emisi gas buang di Eropa dan memang menjadi standarisasi untuk dunia. 

Regulasi emisi gas buang di eropa untuk kendaraan berat bermesin diesel disebut dengan istilah Euro I...V, terkadang menggunakan angka numerik Arab (Euro 1...5). Komite eropa menggunakan numerik Romawi ketika menampilkan standar untuk kendaraan berat, dan numerik Arab untuk kendaraan ringan. Hal ini disesuaikan dengan amandemen yang telah mereka buat bahwa untuk kategori kendaran berat mempunyai bobot lebih dari 3.500 kg yang dilengkapi dengan mesin dengan pembakaran berkompresi atau pembakaran gas alami ataupun LPG.

Euro I diperkenalkan tahun 1992, - Dilanjutkan dengan Euro II ditahun 1996 dengan tujuan diaplikasikan untuk kendaran truck dan bus. - Pada tahun 2000 komite eropa memperkenalkan lagi Euro III yang ditindaklanjuti dengan - Euro IV di tahun 2005. - Tahun 2008 kembali lagi mereka sebagai voluntir Euro V dengan pembatasan kadar emisi gas buang ekstra rendah untuk kendaraan, yang lebih dikenal dengan "emisi ramah lingkungan".
 


Euro 1 adalah standar emisi untuk kendaraan bermotor yang diperkenalkan di UNI EROPA pada tahun 1994 yang membatasi emisi kendaraan sampai dengan 0.97 g/kWh dari NOX dan 0,14 g/kWh dari PM (Particle Matter) ketika dites menggunakan Driving Cycle NEDC. (Sumber: bedunduk.wordpress.com)



Euro 2 adalah standar emisi untuk kendaraan bermotor yang diperkenalkan di UNI EROPA pada tahun 1998 yang membatasi emisi kendaraan sampai dengan 0.70 g/kWh dari NOX dan 0,08 g/kWh dari PM (Particle Matter) ketika dites menggunakan Driving Cycle NEDC.


Euro 3 adalah standar emisi untuk kendaraan bermotor yang diperkenalkan di UNI EROPA pada tahun 2000 yang membatasi emisi kendaraan sampai dengan 0,56 g/kWh dari NOX dan 0,05 g/kWh dari PM (Particle Matter) ketika dites menggunakan Driving Cycle NEDC.
 

Euro 4 adalah standar emisi untuk kendaraan bermotor yang diperkenalkan di UNI EROPA pada tahun 2005 yang membatasi emisi kendaraan sampai dengan 0.30 g/kWh dari NOX dan 0,025 g/kWh dari PM (Particle Matter) ketika dites menggunakan Driving Cycle NEDC. 


Tabel Emisi Standar Euro


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar