Rabu, 08 Januari 2014

ANGKA OKTAN

ANGKA OKTAN
adalah BILANGAN YG MENUNJUKKAN MUDAH TIDAKNYA BAHAN BAKAR BENSIN (MOGAS) MEMBERIKAN KNOCKING (KETUKAN) PADA PEMBAKARAN YG TERJADI DI RUANG BAKAR MOTOR / MESIN BENSIN.
 


ANGKA OKTAN BENSIN MENUNJUKKAN SIFAT ANTI KETUKAN (ANTI KNOCK) BAHAN BAKAR MINYAK BENSIN (“MOTOR GASOLINES). 

MAKIN TINGGI ANGKANYA MAKIN BAGUS, MAKIN SEDIKIT MENIMBULKAN KETUKAN.

BESARNYA ANGKA OKTAN BENSIN TERGANTUNG PADA KOMPOSISI KIMIA ATAU KOMPOSISI HYDROCARBON KOMPONEN PENYUSUN BENSIN

KEBUTUHAN ANGKA OKTAN SUATU MESIN/MOTOR BENSIN TERGANTUNG PADA DESIGN ATAU SETELAN MESIN SEPERTI:
1. PERBANDINGAN KOMPRESI
2. WAKTU PENYALAAN
3. PERBANDINGAN UDARA : BAHAN BAKAR
4. WAKTU BUKA-TUTUP KATUB
5. EFISIENSI VOLUMETRIK
6. SISTIM INDUKSI PANAS
7. SUHU JACKET PENDINGIN
8. DESIGN RUANG BAKAR

SERTA KONDISI OPERASI MESIN/MOTOR BENSIN TSB SEPERTI:
KONDISI KECEPATAN MESIN, TENAGA YANG DIHASILKAN
KONDISI LINGKUNGAN/KEBERSIHAN MESIN
BANYAKNYA DEPOSIT PD RUANG BAKAR

MESIN PEMERIKSA ANGKA OKTAN

ANGKA OKTAN MOGAS DIPERIKSA DENGAN MESIN BENSIN CRC BERSILINDER TUNGGAL. 


MESIN CRC ADALAH SUATU MESIN / MOTOR BENSIN STANDAR BERSILINDER TUNGGAL, PERBANDINGAN KOMPRESINYA BISA DIATUR DAN KNOCKING YANG TERJADI BISA DIUKUR DENGAN KNOCK LEVEL METER. 

METHODE yang digunakan YAITU
METHODE ASTM D 2699 YAITU METHODE RISET SEHINGGA DIPEROLEH ANGKA OKTAN RISET (“RESEARCH OCTANE NUMBER = RON”).

METHODE ASTM D 2700 YAITU METHODE MOTOR SEHINGGA DIPEROLEH ANGKA OKTAN MOTOR (“MOTOR OCTANE NUMBER = MON”)

PERBEDAAN ANTARA METHODE RISET DAN MOTOR
TERLETAK PADA PERBEDAAN KONDISI PEMERIKSAAN SEPERTI, KECEPATAN, SUHU CAMPURAN, DAN SPARK ADVANCE YANG DICAPAI

PEMERIKSAAN RON MEWAKILI PEMAKAIAN  pada KECEPATAN RENDAH (MILD KNOCKING CONDITIONS), sedangkan PEMERIKSAAN MON SANGAT BERKAITAN DG/MEWAKILI PEMAKAIAN KECEPATAN & SUHU TINGGI.

HARGA RON AKAN SELALU LEBIH BESAR DARI MON, PERBEDAAN ANTARA KEDUANYA DISEBUT DENGAN SENSITIVITAS MOGAS

KARENA PEMERIKSAAN RON DAN MON DILAKUKAN PADA MOTOR/MESIN BENSIN BERSILINDER TUNGGAL, MAKA SEBETULNYA KURANG MEWAKILI PEMAKAIAN PADA MESIN AKTUAL YANG BIASANYA BERSILINDER BANYAK (MULTICYLINDER). 

PROSEDUR PEMERIKSAAN Angka Oktan UNTUK MESIN MULTI SILINDER DILAKUKAN DIDALAM SATU SERI KENDARAAN SESUNGGUHNYA YANG DILARIKAN DI JALANAN (MEMBERIKAN ROAD OCTANE NUMBER = RdON)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar